Aah Biasa

Welcome To My Blog (Aah Biasa)

Minggu, 01 Mei 2011

Contoh : Proposal Pendirian Usaha Rumahan-1

Contoh : Proposal Pendirian Usaha Rumahan -TOKO PERAK DAN AKSESORIS-BISNIS RUMAHAN (Learning Articles-writing of 3)


Proposal Pendirian Usaha

TOKO
PERHIASAN PERAK, AKSESORIS DAN BONEKA
First Love








Menjual :
Macam-Macam Perhiasan Perak, Aneka Boneka, Aksesoris
Dan Berbagai Cendra Mata.











¥£$$





Jl. Surya kencana no 24 cianjur É(0263)-170787


DAFTAR ISI
      I.            PENDAHULUAN
   II.            METODOE PELAKSANAANNYA
a.    Produk
b.    Pemasaran
III.            TARGETAN  LUARAN
a.    Targetan produk
b.    Target konsumen
IV.            RENCANA BIAYA
  V.            JADWAL PELAKSANAAN
VI.            PELAKSANA
VII.            IDENTITAS PERUSAHAAN
a.    Nama perusahaan                                e.  Telepon dan web perusahaan

b.    Legalitas perusahaan                           f.  Bank dan rekening

c.     Pemilik perusahaan                             g.   Jenis usaha:

d.    Alamat Perusahaan


VIII.            POTENSI KHUSUS DAN ANALISIS BISNIS
a.       Kekuatan                                 c.  Kesempatan

b.      Kelemahan                              d.  Ancaman

IX.            KESIMPULAN
      I.            Pendahuluan

Proposal pendirian usaha atau juga biasa disebut dengan proposal bisnis memiliki sejumlah tujuan, utamanya sebagai panduan agar para pengusaha, pegawai, dan khalayak umum mengetahui dengan jelas usaha yang sedang atau akan dijalankan.
Sementara dalam proposal ini yang ingin sampaikan adalah proposal perencanaan usaha/bisnis yang akan saya kelola, setelah saya lulus kuliah, adapun dalam perincian proposal ini akan saya buka secara panjang dan lebar. Mengenai usaha sampingan selepas saya bekerja. Di rumah sakit, yang memang itulah pekerjaan pertama saya, dan pekerjaan yang saya cita-citakan juga. Tapi saya juga sangat tertarik untuk mengisi waktu luang saya dengan membuka toko perhiasan perak. Dan asesoris. Mungkin di benak pembaca, ad pertanyaan. Kenapa saya memilih perak? Engga emas atau permata sekalian! Akan saya jelaskan secara detail dalam proposal ini.
Dalam usaha yang akan saya dirikan, disini saya tidak bekerja sendiri. Alhamdulilah saya di karunia suami yang selalu mendukung setiap keinginan saya. Dan di samping itu suami juga banyak akses untuk bahan baku/ product yang akan saya  kelola.
Dan tujuan yang ingin saya capai dari kegiatan usaha yang akan saya lakukan.tidak lain yang pertama adalah keuntungan, disamping hoby saya mengoleksi pernak-pernik dan asesoris. selain untuk diri saya yang sangat gemar shopping juga guna membantu meringankan beban suami yang sedang melanjutkan studynya.








   II.            METODOE PELAKSANAANNYA
a.    Produk: jenis produk (barang/jasa) yang akan saya kelola adalah perhiasan perak. Selain harga beli yang terjangkau, perak juga tidak kalah bagus dan modern untuk ukuran suatu perhiasan. Selain itu kelebihan perak juga tidak kalah dengan emas, salah satunya yaitu bias di jual kembali. Alhasil konsumen bisa secara tidak langsung menginvestasikan sebagian uangnya.
Sementara disamiping bahan baku/ jenis produk yang akan saya kembangkan tidaklah terlalu sulit. Selain akses melaui rekan –rekan suami. Saya juga bisa dengan mudahnya untuk mendapatkannya. Karena begitu banyaknya grosir-grosir yang siap bekerja sama.
b.    Pemasaran: alhamdulilah sejauh pandangan saya peluang untuk pemasaran tidak akan menjadi hal yang sulit. Karena rumah yang sekaligus akan saya jadikan toko, lokasinya lumayan strategis. Selain dekat dengan sekolahan smp, smea, juga berada di jalan akses menuju pasar modern, dan tentunya di belakang rumah saya juga adalh kawasan padat penduduk.
Jadi yang akan saya lakukan cukup dengan membuat spanduk yang agak lebar. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperkenalkan produk yang sedang saya jual, jadi secara tidak langsung lambat laun masyarakat yang lewat rumah saya akan mengetahuinya. Adpun rencana lain seperti: pasang-pasang pamplet, iklan dikoran dan radio. Itu adalah solusi dari opsi pertama.







III.            TARGETAN  LUARAN

a.    Targetan produk: sudah banyak saya uraikan pada pendahuluan dan metode pelaksanaannya. Paling saya hanya mengulas. Bahwa dengan membeli/mengoleksi perak konsumen tidak akan merasa rugi. Justru mereka akan lebih update dalam aneka mode perhiasan. Karena nilai jual perak tidak terlalu jauh dengan harga beli. Alhasil adapun kekurangan secara nominal mereka pasti puas secara pemakaian.

b.      Target konsumen: dalam usaha ini saya tidak punya targetan secara umum/gamblang. Selain karena usaha ini adlah usaha rumahan/sampingan saya diluar jam kerja. Dengan bisa mewujudkannya saja saya syukur alhamdulialah, karena selain saya bisa dengan mudahnya untuk gonta-ganti perhiasan, suami saya juga akan bisa lebih banyak waktu di rumah diluar jam kerjanya, guna membantu saya, dan pastinya bermanjaan bareng keluarga kecil saya.


Begitu juga untuk targetan pendapatan saya tidak bisa mengukur pendapatan yang akan saya dapatkan dari usaha ini, di luar pembukaan yang sangat membahagiakan karena berbagai factor salah satunya factor-faktor diatas. Ya mudah-mudahan dengan ijin dari kedua orang tua dan juga sang pencipta. Tahun depan saya bisa berangkat ke tanah suci barsama suami saya tercinta.






IV.            RENCANA BIAYA
Rencana biaya: dalam perencaan bisnis/usaha ini saya tidak akan terlalu besar. Karena banyak biaya – biaya yang sudah saya minimalis seperti : biaya sewa tempat/bangunan itu jelas tidak akan saya keluarkan. Karena seperti penjelasan diatas, saya akan menjadikan rumah sekaligus ruang usaha/kantor. Adapun gambaran saya mengenai biaya meliputi :

NO
NAMA/DESKRIPSI
HARGA
KETERANGAN
1
Lemari kaca alumunium
Rp. 2000.000
1 set
2
Meja kasir + Kursi
Rp. 1000.000
1 set
3
Alat-alat kebersihan
Atk . dll
Rp. 500.000
perkiraan
4
Aneka asesoris
Rp. 2.500.000
Sedapatnya
5
Aneka boneka
Rp. 2.500.000
Sedapatnya
6
Aneka perak
Rp. 10.000.000
sedapatnya
Total
Rp. 18.500.000

BIAYA RUTIN BULANAN
1
listrik
Rp. 500.000
perkiraan
2
Telephone dan internet
Rp. 250.000
perkiraan
3
Keamanan lingkungan dan sampah
Rp. 200.000

4
Karyawan
Rp. 1.500.000
1 orang masuk jam 09:00-18:00
Total
Rp. 2.450.000

Biaya investasi,cadangan/tak terduga
Rp. 5000.000
Total keseluruhan
Rp. 2.59500.00

  V.            JADWAL PELAKSANAAN

Jadwal pelaksanaan, sengaja saya buka jam 09:00 sampai dengan jam 18:00 itu jam normal khusus karyawan. Karena saya selaku pengelola atau pemilik. Saya dan suami saya hanya bisa mengawasi pada malam hari dari jam 18:00-20:00. Guna  efisiensi  waktu buat saya pribadi yang sejak pagi harus nyiapin sarapan suami tercinta juga persiapan saya ke kantor, juga efisien untuk karyawan saya yang mungkin paginya mempunyai kesibukan yang sama. Disamping itu juga saya berlakukan 8 jam perhari itu khusus karyawan, menyesuaikan undang-undang tenaga kerja no 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan. Adapun kelebihan waktu terlepas itu saya dan suami selaku pemilik, saya masukan over time

VI.            PELAKSANA

Kalo dalam proposal usaha lain mungkin ada namanya struktur keorganisasian. Tapi dalam proposal ini saya rubah konsep menjadi pelaksa. Karena pemilik adalah saya dan juga suami. Jadi untuk tugas atau lebih dikenal job description itu sudah jelas dan mungkin di kepala para pembaca juga sudah terbayang seperti apa tugas-tugas kami. Adapun satu karyawan tugas/job descriptions : menjaga toko dan isinya, melayani cutomer/pelanggan dll yang bersangkutan dengan toko dan produk yang di perjualkan.








VII.            IDENTITAS PERUSAHAAN
a.    Nama perusahaan : toko perak dan aksesoris first love
b.    Legalitas perusahaan : - siup: 11/22/33/44/55/12
      - tdp :11/22/33/44/12
c.     Perusahaan ini adalah milik perorangan atas nama pemilik Ny, Shifa Fauziah
d.    Alamat Perusahaan : perusahaan ini terletak di jalan surya kencana no 24 cianjur, jawabarat
e.     Telepon dan web perusahaan : 02631122/ 087879297757. http://www.firstlove.co.id
f.      Bank dan rekening yang dapat digunakan untuk transaksi: Bank MANDIRI No rek: 123456 a/n Ny, Shifa Fauziah
g.    Jenis usaha: adalah toko perak dan asesoris


VIII.            POTENSI KHUSUS
Peluang Komersial: kita liat secara kelayakan dan analisis berikut meliputi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman atau yang lebih di kenal dengan nama strength, waekness , opportunities , threat yang bias disingkat  ( swot ):
a.       Kekuatan : perak jelas merupakan barang/produk yang tidak kenal basi, karena atau takut karena lamanya penyimpanan barang yang dikarenakan kurangnya konsumen misalnya. Perak jelas unggul baik secara kualitas maupun kuantitas. Karena dia tidak berubah baik fisik (timbangan) warna dll.
b.      Kelemahan : setiap barang atau usaha jenis apapun pasti punya kelemahan. Yang saya analisis dalam perak ini lumayan banyak juga kalo saya perinci. Tapi dari beberapa analisis tersebut saya simpulkan kelemahan perak adalah pengenalan terhadap masyarakat, dan itu bukan berarti perak adalah produk baru, melainkan pemakaian perak itu sendiri. Contohnya yang berpenghasilan menengah keatas sangat jarang kita temukan mereka mau memakai perak, yang ada malah lawannya perak yaitu permata atau emas. Dan secara tidak langsung proses tersebut telah mendorong masyarakat di sekitar untuk membeli atau mengoleksi emas ketibang perak. Jadi pengenalan secara luas juga perlu saya sampaikan dan ikilankan terhadap masyarakat itu adlah salah satu PR saya.
c.       Kesempatan : seperti pada kelemahan yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Tapi disisi lain perak juga punya banyak kesempatan, baik secara pemasaran dan lain sebagainya. Karena perak juga adalah salah satu perhiasan yang mendunia.
d.      Ancaman: selain banyak jenis usaha yang sama. Juga banyaknya produk yang turut menyaingi dalam pemasaran yang semakin ketat, sebagai pesaing.

IX.            KESIMPULAN
Pendirian usaha ini merupakan suatu peluang bisnis yang baik bagi saya secara pribadi dan hal layak pada umumnya.Apalagi jika kita perhatikan pada saat sekarang ini krisis global sedang melanda dunia, salah stunya negri kita indonesia. Dan saya yakin akan banyaknya masyarakat yang lebih memilih perak untuk pernak dan perniknya baik itu yang di pakai di tubuh maupun yang khusus untuk hiasan rumah pribadinya. Dan juga yang akan lebih menarik para customer, sekarang ini lagi trendnya cendra mata dari perak.
Mudah-mudahan dengan proposal yang saya bikin sebagai salah satu acuan, sebelum pembentukan yang nyata. Mudah-mudahan bisa bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi anda para pebisnis muda, pembaca, dan masyarakat pada umumnya.


Cianjur 23 Maret 2012

Aah Biasa
Penulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar